DSIS (Digital School Information System)

sekolah online

Digital School Information System

Pencatatan data di sekolah-sekolah biasanya masih bersifat manual dan penyampaian laporan ke jejang yang lebih tinggai masih berupa hardcopy. Kalaupun sudah menggunakan computer, itu pun masih sebatas menggunakan MS Word atau MS Excel, belum menggunakan system data base yang terintegrasi. Hal ini tentu kurang efisien dan kurang efektif bahkan bisa merepotkan, apalagi jika jumlah siswa  sangat banyak. Sistem Informasi Manajemen Administrasi Sekolah (Digital School Information System) membantu mempercepat dan mempermudah baik Sekolah maupun Dinas Pendidikan dalam melakukan pengelolaan data dan laporan yang selama ini masih dilakukan secara manual.

Advantages

Dengan menerapkan DSIS, maka manfaat yang bisa diambil adalah:
>> Kerapian administrasi
Dengan pemakaian perangkat lunak atau software, akan mengurangi ketidakteraturan proses adiministrasi, karena proses administrasi menjadi lebih sederhana dan mudah.
>> Informasi dapat diperoleh dengan cepat dan tepat
Mempermudah dalam melakukan penelusuran data karena software ini memberikan fasilitas pencarian data.
>> Resiko kehilangan data akan teratasi
Data-data penting tersimpan dengan aman dalam komputer yang senantiasa siap untuk diupdate dan di back-up sehingga terhindar dari resiko kerusakan dan kehilangan.
>> Efisien dan Efektif
Dengan memanfaatkan DSIS , secara otomatis telah melakukan efisiensi kinerja karena terhindar dari double entry. Data yang dimasukkan oleh bagian yang satu bisa dimanfaatkan oleh bagian yang lain, sehing data konsisten.
>> Mengurangi tumpukan kertas yang membingungkan
Selain itu, pengiriman data antar lembaga pengelola pendidikan, bisa dilakukan dengan cepat dan efisien karena cukup melalui internet/ CD.
>> Hasil dalam bentuk grafik dan print out
Berbagai informasi penting yang berguna dalam rangka upaya peningkatan kualitas dan prestasi pendidikan bisa diperoleh dalam bentuk grafik maupun print out sehingga memudahkan pihak pengelola dalam memantau perkembangan yang terjadi
>> Orang tua / wali murid / masyarakat bisa ikut memantau proses pendidikan
Berbagai informasi penting yang terkait dengan proses pendidikan murid (absensi, nilai, jadwal pelajaran, kegiatan, dll.) juga bisa diakses oleh orang tua melalui SMS dan website sekolah, sehingga merasa ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan.

How does DSIS work?

Sekolah online
Sistem kerja DSIS: Sekolah-Dinas Pendidikan-Wali Murid/Publik

DSIS terbagi dalam dua aplikasi yang terkoneksi dan terintegraasi melalui internet:  Aplikasi Dinas Pendidikan dan Aplikasi Sekolah. Aplikasi Dinas Pendidikan mengelola informasi tentang perkembangan pendidikan secara menyeluruh dan akan menghasilkan banyak informasi untuk dasar pengambilan kebijakan. Program ini terdiri dari beberapa modul diantaranya ialah:
1. Modul Kepegawaian
2. Modul Kesiswaan dan Kelulusan
3. Modul Kurikulum dan Pengajaran
4. Modul Manajemen Aset dan Invenataris

Aplikasi Sekolah merupakan sarana utama pengelolaan administrasi di sekolah. Sekolah merupakan ujung tombak dalam proses pendidikan dan pembelajaran sehingga perlu administrasi yang rapi dan tertib karena sekolah adalah pihak yang secara langsung bersentuhan dengan pelaksanaan pendidikan. Adapun modul-modul/ fasilitas yang ada meliputi:
1. Modul Kepegawaian
2. Modul Penerimaan Siswa Baru
3. Modul Kesiswaan
4. Modul Kurikulum dan Pengajaran
5. Modul Pembayaran
6. Modul Pengelolaan Keuangan
7. Modul Inventaris Sekolah
8. Modul Perpustakaan

Share :
  • Print
  • Facebook
  • email

No related posts.